Jumat, 15 Agustus 2014

Cara menjadi penulis novel

Hallo sobat Blogger :)
apakah Anda ingin tahu tentang Bagaimana Cara Menjadi Penulis Novel?



Ya, keingintahuan Anda itu juga sama dengan banyak orang yang menanyakan di milis-milis penulisan di internet. Mereka bertanya, “Bagaimana sih cara menjadi penulis novel?”  Ada pula yang meminta tips atau panduannya kepada saya.
Karena banyaknya pertanyaan itu, saya menulis postingan ini untuk membantu Anda mengetahui bagaimana cara menjadi penulis novel.
Saya katakan pada Anda bahwa untuk menjadi seorang penulis novel, “Anda harus memulai dari apa yang Anda suka.”.
Berikut ini adalah dua tahap memulai menjadi penulis novel yang berawal dari sebuah kesukaan:
SATU
Menulis dengan topik yang paling Anda sukai. Tulislah hal-hal yang paling dekat dengan diri Anda. Ini akan membuat Anda lebih lancar dan cepat menulis novel, sebab Anda SANGAT menguasai hal-hal yang sedang Anda bahas.
“Bagaimana caranya?”
Mulailah menulis secara spontan. Secara bebas. Lupakan semua teori. Lupakan semua aturan bahasa. Lupakan semua titik koma. Yang penting, mulailah menulis secara spontan, secara bebas.
“Lho, kok sembarangan sekali. Bukankan untuk menulis itu ada teorinya? Ada panduannya? Ada pedomannya? Ada rumusnya?”
Ya, tentu saja. Karena itu, lanjutkan pada cara membuat novel berikut ini.
DUA
Menulis ulang karya novel yang Anda sukai. Ya, dengan menulis ulang novel yang Anda suka akan mempercepat proses pembelajaran Anda. Dari pada banyak tanya sana-sini, maka lebih efektif jika Anda belajar sendiri langsung pada gurunya. Ya, belajarlah cara menulis novel dari novel itu sendiri. Tulis ulang novel yang Anda suka. Misalnya Anda suka membaca novel “Laskar Pelangi” dan Anda tertarik untuk bisa menulis novel best seller seperti itu. Maka tulis ulang novel itu. Tidak harus semua bagian, cukup pada bab atau paragraf yang Anda suka saja.
Menulis ulang novel karya orang lain itu seperti kita membongkar pasang sesuatu, membongkar baju dan menjahitnya kembali misalnya. Dengan membongkar pasang baju, orang akan cepat belajar bagaimana cara menggunting pola baju, orang akan tahu bagaimana cara menjahit yang bagus, dan lain-lain.
Apakah Anda sepakat dengan ini?
Yups, begitu juga dengan menulis ulang karya orang lain, Anda akan dibawa menyerap lebih banyak ilmu dan panduan menulis novel  yang menakjubkan. Anda akan tiba-tiba tahu bagaimana cara memulai menulis pembukaan novel atau kalimat pembuka. Anda akan tahu bagaimana cara menulis alur novel. Anda akan tahu cara membuat plot yang menarik. Anda akan digiring untuk menguraikan kata-kata dengan deskripsi yang indah.
Bahkan Anda juga akan belajar bagaimana cara meletakkan titik-koma, tanda seru dan tanda tanya, tanda kutip dan tanda lainnya. Anda juga akan belajar bagaimana membuat kalimat dan paragraf, menyambung paragraf satu ke yang berikutnya, membuat paragraf menjadi bab dan seterusnya.
Ya, Anda akan langsung belajar bagaimana cara mudah menulis sebuah novel. Anda akan merasakan “darah menulis” mengalir dalam jiwa Anda. Lambat tapi pasti…
Namun untuk menjadi seorang penulis novel profesional, dua tahap diatas tentu belumlah memadai. Anda harus lebih banyak berlatih cara menulis novel yang baik dan benar. Anda juga harus “berguru” kepada orang dan bacaan. Dan Anda harus melakukannya terus-menerus tanpa henti sampai novel Anda terbit dan dinikmati pembaca.
Yups, demikian dua langkah Menjadi Seorang Penulis Novel saya tulis. Saya doakan siapa saja yang membaca tulisan ini benar-benar menjadi penulis novel profesional. Amin
NB: Menulis ulang novel orang lain bukan berarti Anda menjiplak karya orang lain. Karya itu tetapah menjadi karya penulis. Anda hanya belajar mengetahui seluk beluk cara menulis novel saja.

#sumber :http://caramenulisnovel.com/

Post Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Alien Rainbow Pinwheel - Link Select